Thursday, April 28, 2011

KERIS BALI Perpaduan antara seni dn spirit

Salah seorang Empu Keris Bertuah di Bali,Jero Pande Mudra berpegang teguh pada amanat Leluhur dalam hal menempa sebilah Keris selalu mengedepankan Pakem2 pekerisan kuno.mulai dari pemilihan bahan,mencari hari baik(Dewase ayu) hingga menjalankan beberapa Lelaku ritual..
Menariknya pada upacara ritual "Pemasupatian" Keris (Upacara ritual
terakhir guna menghidupkan unsur2 spirit yg terkandung dlm keris maupun pamornya itu) pada Soma ribek(Senin/25/4) Malam Kemarin,disaat khusuk sekejap terlihat pemandangan menarik berupa batu meteor melesat diangkasa,hal ini dianggap sebagai pertanda baik bagi si Empu maupun tuah yg dihasilkan dari Keris2 hasil garapannya yg diritual itu...
Sejumblah keris hasil tempaan Jerp Pande Mudra rencananya jg akan dipamerkan bersama Deperindag Bali dalam rangka Menyambut Hari Tumpek Landep (Ritual utk seluruh benda pusaka) pada 7 Mei ini..
(By ; Nyoman)

4 comments:

  1. mantap blognya,, silahkan mampir trimakasih http://mustikapengasih.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Luar biasa warisan leluhur kita

    ReplyDelete
  3. Luar biasa warisan leluhur kita

    ReplyDelete
  4. Assalam & salam sejahtera... saya ingin menjual sebilah keris bali dan mempunyai ukiran seni yang cukup tinggi. Anggaran usia 100 tahun dan mungkin lebih. Harga Rm36 000. Jika minat hubungi saya Daeng 012 9762663. Area Kuala Lumpur.

    ReplyDelete